Butuh Bantuan? Customer Service IstanaGPS.com siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Pilih Mana, Asuransi atau GPS Tracker untuk melindungi Kendaraan?

Pilih Mana, Asuransi atau GPS Tracker untuk melindungi Kendaraan?

Ditulis pada: 27 March 2014 | Kategori:

Bagaimana cara melindungi  mobil atau sepeda motor agar terhindar dari maling? Jika mobil tidak bisa tercover asuransi lagi, bakal aman kah jika dipasangi alat pemantau posisi mobil seperti sistem GPS Tracker?

Pertanyaan seperti tadi sangat wajar mengingat tingkat kejahatan semakin tinggi setiap tahunnya. Bahkan pihak kepolisian selalu memberi peringatan dini bagi setiap pemilik mobil, untuk selalu mengamankan kendaraannya dengan kunci tambahan, dengan maksud agar dapat mempersulit gerakan maling.

Siapa yang bisa memprediksi gerak-gerik maling yang selalu mengincar kendaraan setiap saat? Untuk itu, Anda mesti siap menghadapi resiko apapun yang bakal menghampiri mobil.

Asuransi TLO

Solusi untuk melindungi mobil dari incaran maling, saat ini memang masih dipercayakan pada jaminan perlindungan, dari perusahaan penyedia jasa asuransi khusus kendaraan bermotor. Jenis pertanggungan TLO (Total Loss Only) atau penjaminan atas kerugian total, merupakan pilihan paling terjangkau untuk kasus kehilangan kendaraan akibat pencurian.

Sistem Pelacakan

Kondisinya akan berbeda jika harta bergerak Anda itu, tidak lagi bisa terlindungi dengan paket perlindungan dari asuransi. Mengingat tahun produksi mobil juga dijadikan patokan oleh perusahaan asuransi, untuk dapat menggaransi keselamatan kendaraan dari tindak kejahatan.

Untuk itu perlu alternatif selain asuransi, agar keselamatan mobil Anda terhindar dari tindak kejahatan pencurian. Dengan memasang sistem berbasis pemetaan, yaitu GPS Tracker.

Saat ini sudah tersedia beberapa pilihan produk GPS Tracker, yang bisa diandalkan buat melakukan pelacakan atas keberadaan atau posisi mobil di mana dan kapan pun. Seperti produk Super Spring GPS Tracker.

Biaya

Pertimbangan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjamin keselamatan mobil Anda, sebenarnya tidak harus dipermasalahkan. Namun begitu, tidak ada salahnya jika mengkalkulasi demi menghemat pengeluaran.

Jika memakai jasa asuransi TLO, Anda harus melunasi premi asuransi untuk satu tahun ke depan, dengan perhitungan sebagai berikut. Tarif premi dengan jenis perlindungan TLO yang berlaku saat ini, dipatok sama di semua perusahaan asuransi. Yaitu 1% dari nilai pertanggungan atau harga mobil saat ini.

Semisal Mobil Anda ditaksir senilai Rp 200 juta, maka biaya premi yang mesti dibayarkan untuk satu tahun ke depan sebesar Rp 2 juta (1% dari harga kendaraan saat ini/nilai pertanggungan).

Bisa dibandingkan jika mobil Anda hanya dipasangi modul GPS Tracker, yang di pasaran ditawarkan dengan range harga berkisar Rp 2 jutaan.

Terdapat selisih harga cukup signifikan jika diasumsikan mobil Anda diasuransikan selama 5 tahun, maka biaya yang mesti dikeluarkan untuk mengcover kendaraan dari aksi kejahatan terbilang lebih mahal.

Contoh untuk Mobil seharga Rp 100 juta, dengan premi asuransi TLO yang mesti dilunasi tiap tahunnya sebesar Rp 2 juta. Jika berlangganan sampai 5 tahun, tarif premi yang harus dibayarkan melebihi angka Rp 5 juta.

Fasilitas

Bandingkan pula soal fasilitas yang tersedia, jika menggunakan jasa asuransi TLO atau hanya dengan memasang sistem GPS Tracker.

Fasilitas penggantian untuk kerugian total (TLO) yang dialami nasabah asuransi, memakai perhitungan seperti berikut. Misal Mobil yang dijaminkan senilai Rp 200 juta (harga pertanggungan), maka penggantian untuk klaim asuransi TLO yang bisa dicairkan hanya sebesar Rp 199,8 juta (Rp 100 juta – Rp 200 ribu (risiko sendiri). Pencairan dana penggantian mobil yang hilang, diberikan dalam bentuk uang tunai.

Bedakan jika Anda memasang modul GPS Tracker, yang tidak memerlukan biaya berlangganan supaya dapat memonitor mobil kesayangan. Konsumen cukup memilih provider kartu GSM yang diinginkan, selanjutnya cukup melakukan pengisian ulang pulsa untuk tetap bisa mengakses informasi lewat jaringan GPRS.

Ilustrasi pemakaian sistem GPS Tracker sebagai berikut. Ketika mobil raib dicuri maling, pemilik diimbau untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian terdekat. Selanjutnya langsung menghubungi call center dari produk GPS Tracker yang dipakai.

Call Center akan langsung menindaklanjuti lewat pemantauan jarak jauh (tracking), untuk memastikan keberadaan mobil. Setelah posisi terdeteksi, mesin mobil akan langsung dimatikan dengan fasilitas engine cut off yang tersedia pada sistem. Hal ini untuk memperlambat gerak pelarian pencuri mobil, sehingga mempermudah pihak kepolisian terdekat untuk melakukan pengejaran ke lokasi tersebut.

Jika diasumsikan mobil yang dicuri berhasil ditemukan polisi, maka Anda tidak mengalami kerugian apapun. Namun begitu perlu diketahui bahwa pemasangan GPS Tracker tidak menggaransi 100% dapat menjamin mobil tidak akan hilang. Tetapi menambah fungsi keamanan kendaraan. Garansi sebatas untuk layanan provider, call center serta kualitas produk.

Sementara proses klaim asuransi TLO untuk kasus kehilangan mobil, memang membutuhkan waktu cukup lama. “Karena tergantung proses investigasi dari pihak kepolisian, serta kelengkapan dokumen lain yang dibutuhkan untuk proses klaim.

Info GPS Tracker :
(021) 2946 3555

Share: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Facebook
  • Google Bookmarks
  • LinkedIn
  • Twitter

Pilih Mana, Asuransi atau GPS Tracker untuk melindungi Kendaraan? | IstanaGPS.com

Tags: asuransi kendaraan, asuransi mobil, asuransi tlo, gps pelacak mobil, gps tracker, keamanan mobil, kunci tambahan, lacak mobil, maling mobil, pencurian kendaraan, sistem pelacakan

Belum ada Komentar untuk Pilih Mana, Asuransi atau GPS Tracker untuk melindungi Kendaraan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Terbaru

Cara Bijak Memilih GPS Mobil yang Bagus

thumbnail Ditulis pada: 7 May 2014

Melengkapi GPS mobil pada kendaraan yang berfungsi sebagai mitra perjalanan adalah hal yang paling disarankan bagi Anda yang senang bepergian dengan menggunakan mobil. Apalagi saat ini fasilitas transportasi baik berupa jalan tol, jalan lintas propinsi, jalur penyebrangan dengan menggunakan kapal... Baca selengkapnya »

Pilih Mana, Asuransi atau GPS Tracker untuk melindungi Kendaraan?

thumbnail Ditulis pada: 27 March 2014

Bagaimana cara melindungi  mobil atau sepeda motor agar terhindar dari maling? Jika mobil tidak bisa tercover asuransi lagi, bakal aman kah jika dipasangi alat pemantau posisi mobil seperti sistem GPS Tracker? Pertanyaan seperti tadi sangat wajar mengingat tingkat kejahatan semakin... Baca selengkapnya »

Nih, Beragam Keuntungannya Pasang GPS Tracker di Motor

thumbnail Ditulis pada: 14 March 2014

Jakarta – Saat ini, piranti GPS Tracker sebagai alat pelacak kendaraan lebih jamak dipasang pada mobil. Namun bukan berarti komponen ini haram dipakai di motor. Bahkan ada beberapa keuntungan dalam mengaplikasinya. “Fungsi paling dasar adalah untuk memantau posisi kendaraan secara... Baca selengkapnya »

Alat Pelacak GPS Tracker Juga Bisa Dipasang di Motor!

thumbnail Ditulis pada: 13 March 2014

Jakarta – Kejahatan seperti pencurian hingga perampasan sepeda motor marak terjadi belakangan ini. Tak jarang, pelaku tega melukai hingga membunuh korban. Salah satu antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan memasang GPS Tracker, alias pelacak kendaraan. Nggak perlu bingung carinya, karena saat... Baca selengkapnya »